Jumat, 03 Januari 2014

RPP EKONOMI KELAS X Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 1.Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan
     kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator                     : -  Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
  -  Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
  -  Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
  -  Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
  -  Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
  -  Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian kebutuhan dengan menggunakan bahasa sendiri.
b)      Siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis kebutuhan dengan menggunakan contoh.
c)      Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
d)     Siswa dapat menjelaskan pengertian benda pemuas kebutuhan dengan menggunakan bahasa sendiri.
e)      Siswa dapat menjelaskan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f)       Siswa dapat menjelaskan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
Pertemuan 1
a)      Pengertian kebutuhan
b)      Macam-macam kebutuhan
c)      Faktor-faktor  yang mempengaruhi kebutuhan
Pertemuan 2
a)      Pengertian benda pemuas kebutuhan
b)      Macam-macam benda pemuas kebutuhan
c)      Kegunaan benda pemuas kebutuhan
D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Number Head Together
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk, halaman 1-13
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk, halaman 1-11
F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 1 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
-         Mengucapkan salam
-         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
-         Melakukan Apersepsi
Guru mencoba memberikan  pengetahuan umum tentang ekonomi, sesuai dengan pelajaran siswa di smp.
-         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Guru menjelaskan pengertian kebutuhan, jenis-jenis kebutuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Membagi kelas menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 6 – 7.
·      Kemudian guru memberikan masing-masing anggota kelompok sebuah kartu bernomor dari 1 – 6 atau 7.
·      Penugasan secara kelompok
ü  Kelompok 1 menjelaskan beberapa  pengertian kebutuhan menurut para ahli dan menyimpulkan nya.
ü  Kelompok 2 menjelaskan jenis kebutuhan berdasarkan prioritas/intensitas beserta contoh nya yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari mereka.
ü  Kelompok 3 menjelaskan jenis kebutuhan berdasarkan sifat beserta contohnya yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari mereka.
ü  Kelompok 4 menjelaskan jenis kebutuhan berdasarkan waktu beserta contohnya yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari mereka.
ü  Kelompok 5 menjelaskan jenis kebutuhan berdasarkan  subjek/pelaku beserta contohnya yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari mereka.
ü  Kelompok 6 menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.
·      Selanjutnya siswa mempresentasikan hasil diskusinya, guru memilih murid yang mempresentasikan sesuai dengan nomor urut siswa di dalam kelompoknya.
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  •  Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  •      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  •      Guru menutup pertemuan dengan salam.

10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

PERTEMUAN 2 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
-         Mengucapkan salam
-         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
-         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, yaitu mengenai kebutuhan , seta guru mengaitkan materi lalu dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini
-         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Guru menjelaskan pegertian benda pemuas kebutuhan, macam-macam benda pemuas kebutuhan dan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Membagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan banyak siswa didalam kelas. Kemudian memberikan masing-masing anggota kelompok sebuah kartu bernomor
·      Penugasan secara kelompok : Menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh guru sesuai dengan kartu  bernomor yang telah diberikan oleh guru
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  •    Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  •      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  •       Guru menutup pertemuan dengan salam.

10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari
Soal
Pertemuan 1
1)      Jelaskan menurut pendapat anda mengenai pengertian ekonomi dan kaitannya dengan kebutuhan manusia? (Skor : 30)
2)      Berikan definisi 2 konsep dibawah ini:
  1. Kebutuhan
  2. Keinginan
Adakah perbedaan antara kebutuhan dan keinginan? Berikan argumentasi kelompok anda? (Skor : 20)
3)      Klasifikasikan berbagai pernyataan sesuai dengan jenis kebutuhannya. (Skor : 20)


  1. Olahraga setiap pagi
  2. Makan pada pagi hari
  3. Memakai Pakaian
d.      Berobat ke dokter saat sakit
e.       Mendengarkan ceramah keagamaan
f.       Mandi dipagi hari


4)      Menurut pendapat anda, daging dapat di klasifikasikan kedalam kebutuhan jenis apa (primer, sekunder, atau tersier). Jelaskan dan berikan alasannya? (Skor : 30)
Penilaian       = 30 + 20 + 20 + 30 = 100
catatan : Jika jawaban siswa tepat maka nilai penuh, sedangkan jika jawaban kurang tepat maka guru memberikan nilai sesuai dengan jawaban siswa tersebut
Pertemuan 2
1)   Air (H2O), udara (O2), dan lain sebagainya adalah beberapa contoh dari barang bebas. Karena kuantitasnya yang melimpah, maka relatif tidak dibutuhkan pengorbanan untuk memperolehnya. Meskipun demikian, hal ini tidak berlaku umum. Perhatikan beberapa situasi berikut.
a.       Di Gunung kidul sumber daya air sangat terbatas. Penduduk di sana harus berjalan 5 kilometer terlebih dahulu untuk mendapatkan air
b.      Di daerah kawasan industri tertentu, kualitas air tanah mengalami penurunan yang signifikan sehingga tidak bisa digunakan untuk minum, atau bahkan mencuci. Sebagai akibatnya, penduduk pada kawasan tersebut harus membeli air dari PAM atau tukang air keliling.
c.       Tabung oksigen yang digunakan oleh pendaki gunung atau pasien yang berada di rumah sakit didapat dengan mengeluarkan sejumlah uang tertentu.
Tiga peristiwa tersebut diatas memberikan implikasi bahwa semua itu membutuhkan pengorbanan tertentu. Setujukah anda dengan pernyataan itu? Apakah barang tersebut sudah bukan barang bebas lagi? Apa yang mengakibatkan pergeseran status suatu barang dari barang bebas menjadi barang tidak bebas (ekonomi)? (Skor : 50)
2)   Suatu barang memiliki nilai karena memiliki suatu kegunaan. Dibawah ini adalah barang-barang yang mengalami proses produksi sehingga memiliki kegunaan (tempat, bentuk, dst). Klasifikasikan jenis-jenis barang ini berdasarkan karakteristik tersebut. (Skor : 50)

a.       Tanah liat dibuat menjadi batu bata atau keramik
b.      Pasir dari kepulauan Riau dikirim ke Singapura
c.       Untuk mengurangi eksploitasi berlebih pada hutan, maka pemerintah membuat perizinan berupa Hak Pengusahaan Hutan kepada pengusaha tertentu.
d.      Banyak petani yang meminjam dana pada tengkulak karena kebutuhan mendesak, membeli sembako misalnya.
e.       Pakaian bekas dari luar negeri banyak dijual di pasar-pasar tradisional Indonesia.

Penilaian       = 50 + 50 = 100
catatan : Jika jawaban siswa tepat maka nilai penuh, sedangkan jika jawaban kurang tepat maka guru memberikan nilai sesuai dengan jawaban siswa tersebut




Mengetahui,                                                                               Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                     Guru Mata Pelajaran




H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                      HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                   NIP.19661006 200701 2 002





   Calon Guru




   JAMILAH

   NIM. 7102141019





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan
      kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar       : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan
        kebutuhan manusia yang tak terbatas.
Indikator                     : -  Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
  -  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
  -  Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan
      manfaat bagi rakyat banyak.
  -  Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian kelangkaan.
b)      Siswa dapat menjelakan faktor-faktor penyebab kelangkaan.
c)      Siswa dapat menjelaskan pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
d)     Siswa dapat bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
                          Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif
B. Materi Pokok
            Kelangkaan dan pengalokasian sumber daya ekonomi
C. Uraian Materi
a)      Pengertian kelangkaan
b)      Penyebab kelangkaan
c)      Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
d)     Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok


E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet
F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 3 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
-         Mengucapkan salam
-         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
-         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
-         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Guru menjelaskan pengertian kelangkaan, dan faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan
·      Guru menjelaskan pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak dan memotivasi siswa agar bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Membagi kelas menjadi beberapa kelompok sesuai dengan banyak siswa didalam kelas.
·      Penugasan secara kelompok: Setiap kelompok mencari 4 masalah yang berkaitan dengan kelangkaan, baik dari koran, internet, maupun televisi. Kemudian siswa saling mendiskusikan tentang apa yang menjadi faktor penyebab masalah kelangkaan tersebut dan bagaiaman cara mengtasinya.
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  •  Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  •      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  •      Guru menutup pertemuan dengan salam.

10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
-         Kelompok      : Berdasarkan Laporan hasil diskusi kelompok
-         Individu          : Berdasarkan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok dan tugas
  yang diambil dari soal-soal yang terdapat di dalam buku
  Ekonomi

Tugas Kelompok
1)      Carilah di berbagai sumber, baik internet maupun Koran mengenai contoh-contoh masalah yang berkaitan dengan kelangkaan. Minimal 5 kasus ?
2)      Diskusikan dengan kelompok anda, apa yang menjadi faktor penyebab kelangkaan tersebut dan berikan solusi yang tepat untuk mengatasinya?
3)      Sajikan dalam bentuk kliping

Format Penilaian Kliping
Kriteria Penilaian
Skor
Ketepatan isi kliping dengan masalah kelangkaan
60
Kerapian penyusunan isi kliping
20
Kekompakan kelompok
10
Ketepatan waktu dalam mengumpul tugas
10
Total
100

Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                        Guru Mata Pelajaran




H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002


      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019



      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 1.Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan
     kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar       : 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa,
        bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
  1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila
                                            melakukan produksi di bidang lain.
Indikator                     : -  Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
  -  Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
  -  Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
  -  Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
  -  Kurva kemungkinan produksi
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan barang apa yang diproduksi.
b)      Siswa dapat menjelaskan bagaimana cara memproduksi barang.
c)      Siswa dapat menjelaskan untuk siapa barang diproduksi.
d)     Siswa dapat membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
e)      Siswa dapat menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pokok
Masalah ekonomi tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.

C.    Uraian Materi
a)        Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
b)       Bagaimana cara memproduksi barang.
c)        Untuk siapa barang tersebut diproduksi.
d)       Biaya sehari-hari dan biaya pelauang
e)        Konsep kurva kemungkinan produksi


D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Make A Match (Mencari pasangan)
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
F. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN 4 (Alokasi waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
-         Mengucapkan salam
-         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
-         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
-         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Mengidentifikasikan masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
·      Guru menjelaskan perbedaan biaya peluang dan biasa sehari-hari
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang
·      Kelompok pertama diberi tugas untuk  mendeskripsikan pengertian biaya.
·      Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian biaya peluang
·      Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
·      Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian laba akuntansi dan laba ekonomi
·      Kelompok kelima diberi tugas untuk membuat contoh soal tentang laba akuntansi dan laba ekonomi.
·      Kelompok keenam diberi tugas untuk menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
·      Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
·      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari


Soal
1.      Apa yang menjadi inti masalah dalam ilmu ekonomi? Uraikan menurut pendapat anda?
2.      Sebutkan inti masalah yang terjadi pada ekonomi klasik dan ekonomi modern?
3.      Apa yang dimaksud dengan biaya kesempatan atau peluang? Uraikan disertai dengan contoh?
4.      Sebutkan perbedaan biaya peluang dengan biaya sehari-hari?




Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran



H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002




      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 1.Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan
     kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar       : 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah
        ekonomi.
Indikator                     : -    Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
-          Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
-          Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
-          Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
-          Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
a)      Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
b)      Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
c)      Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
d)     Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif
B. Materi Pokok
Sistem Ekonomi
C. Uraian Materi

a)      Pengertian sistem skonomi
b)      Sistem ekonomi tradisional
c)      Sistem ekonomi pasar
d)     Sistem ekonomi komando
e)      Sistem ekonomi campuran

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Make A Match (Mencari pasangan)
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 5 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
-         Mengucapkan salam
-         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
-         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
-         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Guru menjelaskan pengertian sistem ekonomi beserta pembagiannya
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Membagi kelas menjadi 4 kelompok sesuai dengan banyak siswa didalam kelas. Kemudian memberikan masing-masing anggota kelompok sebuah kertas bernomor berisi tugas.
·      Kelompok 1 membahas tentang sistem ekonomi tradisional
·      Kelompok 2 membahas tentang sistem ekonomi pasar
·      Kelompok 3 membahas tentang sistem ekonomi komando atau terpusat
·      Kelompok 4 membahas tentang sistem ekonomi campuran
·      Diakhir diskusi, guru memberikan penguatan materi dengan menggunakan model pembelajaran mencari pasangan
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
·         Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
·         Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
·         Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari
Soal
  1. Sebutkan negara-negara yang menganut sistem ekonomi terpusat?
  2. Uraikan kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi pasar?
  3. Apakah perbedaan utama sistem ekonomi komando dengan sistem ekonomi campuran?
  4. Sebutkan ciri-ciri sistem ekonomi tradisional?


Mengetahui,                                                                               Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                    Guru Mata Pelajaran



H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                      HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                   NIP.19661006 200701 2 002




   Calon Guru




   JAMILAH
   NIM. 7102141019   




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan   
      ekonomi produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar       : 2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam
        kegiatan ekonomi.
Indikator                     : - Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
- Membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
- Mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
  - Menerapkan pola hidup hemat dan bersahaja dalam perilaku
    konsumen.
  - Membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
- Mendeskripsikan teori produksi.
  - Mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan
    kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
b)      Siswa dapat membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
c)      Siswa dapat mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
d)     Siswa dapat hidup hemat dan bersahaja.
e)      Siswa dapat membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
f)       Siswa dapat mendeskripsikan teori produksi.
g)      Siswa dapat mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B. Materi Pokok
            Perilaku konsumen dan produsen

C. Uraian Materi
a)      Manfaat dan nilai suatu barang
b)      Hukum Gossen I dan II
c)      Teori perilaku konsumen
d)     Pola hidup hemat dan bersahaja
e)      Persamaan produksi
f)       Teori produksi
g)      Perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet

F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 6 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan Manfaat dan nilai suatu barang, Hukum Gossen I dan II, Teori perilaku konsumen, Pola hidup hemat dan bersahaja, Persamaan produksi, Teori produksi dan Perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.


b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • membagi siswa menjadi 6 kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  • Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian konsumsi, membuat kesimpulan tentang hukum Gossen, dan mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
  • Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan kardinal.
  • Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan ordinal.
  • Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian produksi, persamaan produksi, faktor produksi, dan mengidentifikasi kegiatan produksi yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
  • Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan produksi total, produksi marjinal dan produksi rata-rata.
  • Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan hukum produk marjinal yang semakin menurun.
  • Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  •    Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  •       Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  •       Guru menutup pertemuan dengan salam.

10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai


G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari

Soal
Pertemuan 6
  1. Ina menyulam sapu tangan dengan penuh kesabaran. Kegiatan yang dilakukan Ina termasuk kegiatan produksi. Jelaskan yang dimaksud dengan produksi?
  2. Jelaskan tujuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi
  3. Sebutkan faktor-faktor seseorang melakukan tindakan rasional dalam kegiatan konsumsi?
  4. Jelaskan yang dimaksud dengan teori Kardinal?
  5. Bagaimana bunyi hukum Gossen 1 dan hukum Gossen 2?



Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran



H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002



       Calon Guru




       JAMILAH
       NIM. 7102141019




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan
      ekonomi produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar       : 2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram
Indikator                     : - Membuat model Circular Flow Diagram
  - Mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membuat model Circular Flow Diagram.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Circulair Flow Diagram

C. Uraian Materi
·         Circular Flow Diagram
·         Manfaat Circular Flow Diagram

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet

F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 7 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Menjelaskan Circular Flow Diagram dan Manfaat Circular Flow Diagram
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Siswa dikelompokkan menjadi 8 kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa
·      Masing-masing kelompok diberi tugas untuk membuat Circular Flow Diagram di Kertas karton ukuran 1 kajang
·      Masing-masing kelompok juga membuat catatan hasil diskusi tentang manfaat Circular Flow Diagram
·      Masing - masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi
·      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tugas Kelompok
Bentuk Instrumen             : Hasil Gambar pada Karton berukuran 1 kajang
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari







Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran





H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002




      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan
      ekonomi produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar       : 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
Indikator                     : - Mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
  - Mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B. Materi Pokok
            Peran konsumen dan produsen

C. Uraian Materi
a)      Peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b)      Peran produsen dalam kegiatan ekonomi.

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet



F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 8 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan peran rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen didalam kegiatan ekonomi
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Membagi iswa menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  • Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi peran rumah tangga konsumen.
  • Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi peran rumah tangga podusen.
  • Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari

Soal
Pertemuan 8
1.      Sebutkan peranan rumah tangga konsumsi dalam kegiatan ekonomi?
2.      Sebutkan peranan rumah tangga produksi dalam kegiatan ekonomi?
3.      Sebutkan faktor-faktor produksi yang dimiliki rumah tangga beserta balas jasa yang didapat?
4.      Sebutkan peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi di Indonesia?
5.      Mengapa pemerintah disebut sebagai produsen barang dan jasa publik?




Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran




H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002



      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan,
      penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar       : 3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
        dan penawaran.
Indikator                     : - Mendeskripsikan pengertian permintaan dan enawaran.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
- Menggambar kurva permintaan dan penawaran.
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
d)     Siswa dapat menggambar kurva permintaan dan penawaran.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Permintaan dan penawaran

C. Uraian Materi
a)      Pengertian permintaan
b)      Pengertian penawaran
c)      Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
d)     Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
e)      Kurva permintaan dan penawaran

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet
F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 9 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan Pengertian permintaan, Pengertian penawaran, Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran dan Kurva permintaan dan penawaran
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Membagi siswa menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  • Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpul kan informasi tentang permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  • Kelompok pertama menggambarkan kurva permintaan di dalam sebuah karton
  • Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  • Kelompok kedua menggambarkan kurva penawaran di dalam sebuah karton
  • Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari

Soal
Pertemuan 9
  1. Jelaskan pengertian permintaan dan penawaran
  2. Berilah contoh yang logis permintaan potensial?
  3. Mengapa kurva penawaran naik dari kri bawah ke kanan atas?
  4. Apakah yang menyebabkan kurva permintaan mempunyai slope negative?
  5. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran?




Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran



H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002




      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami  konsep ekonomi dalam  kaitannya dengan permintaan,
      penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar       : 3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta
        asumsi  yang mendasarinya
Indikator                     : - Menginterpretasikan hukum permintaan dan  penawaran
- Memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menginterpretasikan hukum permintaan.
b)      Siswa dapat memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B. Materi Pokok
            Hukum permintaan dan penawaran

C. Uraian Materi
a)      Hukum permintaan
b)      Hukum penawaran

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet


F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 10 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  • Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan hukum permintaan.
  • Kelompok kedua diberi tugas untuk menguraikan hukum penawaran.
  • Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui

65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari






Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran




H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002




      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan,
      penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar       : 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.
Indikator                     : - Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta
    menggambarkan kurvanya.
  - Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah
     keseimbangan serta menggambarkan urvanya.
  - Mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta    menggambarkan grafiknya.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah  keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
c)      Siswa dapat mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  inovatif,

B. Materi Pokok
            Harga keseimbangan

C. Uraian Materi
a)      Fungsi permintaan
b)      Fungsi penawaran
c)      Kurva permintaan
d)     Kurva penawaran
e)      Harga dan jumlah keseimbangan
f)       Elastisitas permintaan dan penawaran

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet

F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 11 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan Fungsi permintaan, Fungsi penawaran, Kurva permintaan, Kurva penawaran, Harga dan jumlah keseimbangan, dan Elastisitas permintaan dan penawaran
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Membagi siswa menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  • Kelompok pertama diberi tugas untuk menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta    menggambarkan grafiknya.
  • Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah  keseimbangan serta menggambarkan grafiknya.
  • Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen              : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari

Soal
Pertemuan 11
  1. Apa yang dimaksud dengan Elastisitas? Jelaskan pula perbedaan antara elastisitas permintaan dan penawaran?
  2. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan?
  3. Apakah artinya koeifisien elastisitas penawaran sebesar 0,6?
  4. Diketahui persamaan permintaan Qd = 350 – 25p dan persamaan penawaran                  Qs = 75 + 10p. Tentukan Harga kesimbangan dan Buat kurvanya
  5. Pada harga Rp 100.000,00/lusin jumlah buku tulis 1000 lusin. Jika harga turun menjadi Rp 90.000,00/lusin. Jumlah buku tulis yang ditawarkan 900 lusin. Tentukan elastisitasnya?


Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran



H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002




      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan,
      penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar       : 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
Indikator                     : - Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
- Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang
- Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar
- Memberi contoh berbagai bentuk pasar
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar.
d)     Siswa dapat memberi contoh berbagai bentuk pasar.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B. Materi Pokok
            Pasar barang

C. Uraian Materi
a)      Pengertian berbagai bentuk pasar barang
b)      Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
c)      Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
d)     Contoh berbagai bentuk pasar

D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok

E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet

F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 12 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan Pengertian berbagai bentuk pasar barang, Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik, Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistic, dan Contoh berbagai bentuk pasar
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  • Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar persaingan sempurna.
  • Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar monopoli.

  • Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar oligopoli.
  • Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar persaingan monopolistik.
  • Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai


G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari





Soal
Pertemuan 12
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan pasar tenaga kerja?
  2. Mengapa dalam pasar monopoli penjual dapat menaikan dan menurunkan harga secara leluasa?
  3. Jelaskan perbedaan antara pasar persaiangan sempurna dan pasar persaiangan tidak sempurna?
  4. Sebutkan ciri-ciri pasar persaiangan sempurna dan pasar persaiangan tidak sempurna?





Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran




H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002





      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA NEGERI 3 KISARAN
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi   : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan,
      penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar       : 3.5 Mendeskripsikan pasar input (pasar faktor produksi).
Indikator                     : - Mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi
- Mendeskripsikan teori produktivitas marjinal
- Menjelaskan TPP, MPP, dan MRP
- Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah
- Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja
- Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal
- Mendeskripsikan laba pengusaha
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan teori produktivitas marjinal.
c)      Siswa dapat menjelaskan TPP, MPP, dan MRP.
d)     Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
e)      Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
f)       Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
g)      Siswa dapat mendeskripsikan laba pengusaha.
·         Karakter siswa yang diharapkan  : 
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
·         Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B. Materi Pokok
            Pasar input

C. Uraian Materi
a)      Analisis harga faktor produksi
b)      TPP, MPP, dan MRP
c)      Sewa tanah
d)     Upah pekerja
e)      Bunga modal
f)       Laba pengusaha
D. Model/ Metode Pembelajaran
            Model pembelajaran    : Pemecahan masalah berdasarkan insight
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, dan Kerja kelompok
E. Sumber Belajar
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Grafindo Media Pratama karangan Herlan Firmansyah dkk
-         Buku Ekonomi kelas X, penerbit Phibeta karangan M.T Ritonga dkk
-         Internet
F. Kegiatan pembelajaran
PERTEMUAN 13 (Alokasi Waktu : 2 x 45 menit)
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Karakter
KEGIATAN AWAL
·         Mengucapkan salam
·         Menyiapkan kelas
Guru melihat keadaan kelas yang belum mendukung kegiatan pembelajaran, memerintahkan siswa untuk menyiapkannya dan mengbsen siswa.
·         Melakukan Apersepsi
Guru mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu, dan mengambil kesimpulan dari pelajaran lalu.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN INTI
a)      Eksplorasi (Menyampaikan informasi)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menjelaskan Analisis harga faktor produksi, TPP, MPP, dan MRP, Sewa tanah, Upah pekerja, Bunga modal dan Laba pengusaha
b)     Elaborasi (Membimbing pelatihan)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Membagi Siswa menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  • Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pentingnya analisis harga faktor produksi.
  • Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan TPP, MPP, dan MRP.
  • Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
  • Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
  • Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
  • Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan laba pengusaha.
  • Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

c)      Konfirmasi (Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik )
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
65 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai
KEGIATAN AKHIR
  • Guru bersama - sama dengan siswa untuk membuat kesimpulan
  • Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
  • Guru menutup pertemuan dengan salam.
10 menit
Kerja keras, jujur, dan saling menghargai

G. Penilaian
Teknik Penilaian               : Tes tertulis
Bentuk Instrumen             : Tes uraian
Pedoman Penilaian           :
a)      Nilai Afektif
Sikap siswa selama mengikuti pelajaran serta sikap terhadap Guru dan Teman.
b)     Nilai Kognitif
·         Daya tangggap siswa
·         Kecepatan dalam belajar
·         Cara mengutarakan pendapat
·         Keaktifan siswa serta aplikasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari


Mengetahui,                                                                                  Kisaran,                           20
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kisaran                                       Guru Mata Pelajaran



H. CHOLIDIN S.Pd. M.M                                                         HAFNIZAR, SE
NIP. 19700227 199512 1 001                                                      NIP.19661006 200701 2 002




      Calon Guru




      JAMILAH
      NIM. 7102141019

1 komentar: